Cara Menjaga Kesehatan Otak

Otak paling tidak tahan ketika tiba ujian. Rasaya otak diperas habis isinya sampai kita amsiong kayak kolepslah istilah sekarang ini. oleh karena hal tersebut kita harus tahu gimana caranya supaya toak kita bisa tetap encer , segar dan masih bisa diajak belajar.

Otak adalah tempat dimana kita menyimpan berbagai memory atau ingatan hidup kita serta merupkan alat berpikir yang jauh lebih baik daripada otak binatang. kita bisa menghapal lagu, mengingat cinta masa lalu yang indah, melamun yang tidak-tidak, berkonsentrasi mengerjakan soal ulangan, dan lain-lain semua melibatkan otak.

Otak merupakan salah satu organ vital yang ada pada tubuh kita, maka sudah selayaknya kita menjaga dan merawat otak agar tidak tekor dan eror.  otak yang eror bisa membuat orang menjadi gila, camen atau cacat mental, kurang waras, halusinasi, paranoid, dan lain sebagainya.

Nah, ada tips supaya otak bisa tetap segar dan efektif untuk dipakai kapan saja.

  1. Jangan terlalu banyak Lembur. Otak yang selalu kita paksa untuk melakukan suatu aktifitas yang mungkin saja tidak telalu penting/penting dapat membuat otak kita susah untuk dikendalikan dengan pekerjaan yang akan kita lakukan pada pagi-siang harinya. karena penggunaan otak yang selalu dipaksa membuat kita akan mengantuk dan susah mencerna perkataan-perkataan yang ada.
  2. Jangan Pake Narkoba and Rokok. rokok dan narkoba akan merusak dan menghilangkan fungsi-fungsi otak. selain itu otak jadi tererang berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat. ada perokok berat yang apabila tidak merokok maka dia tidak dapat berpikir dengan baik, namun semua itu hanya omong kosong yang merupakan sugesti saja. Hati-hati dan waspadalah dengan zat adiktif dan  zat aditif yang dapat merusak otak kita. 
  3. Istrahatkan Otak. Otak kita butuh istrahat yang cukup setelah seharian melakukan aktifitas baik yang ringan maupun yang berat. istrahat otak bisa dengan melakukan sesuatu yang rileks sepeti tidur-tiduran, dengan musik ringan, ngobrol sama teman dekat, nonton, dsb. dengan tidur yang cukup selama 6-8 jam, maka otak akan dapat digunakan dengan maksimal.
  4. Jaga Pola Makan. makanlah makanan yang bergizi dan cukup karena otak manusia membutuhkan suplay nutrisi yang cukup untuk melakukan pekerjaan dan untuk tumbuh berkembang. biasakanlah sarapan setiap pagi dengan makanan yang tidak terlalu berat tetapi cukup gizinya. jangan telalu banyak makan sehingga kegemukan yang dapat menyumbat pembuluh otak, konsumsi gula pun jangan terlalu berlebihan agar tidak menghalangi penyerapan protein dan gizi pada tubuh kita.
  5. Kekurangan Oksigen dan Pencemaran Udara. otak membutuhkan oksigen yang cukup untuk beraktifitas secara optimal. Hindari tempat-tempat yang memiliki polusi yang tinggi, baik saat merokok dalam suatu ruangan hal tersebut harus kita hindari. Perbaiki sirkulasi udara atau ventilasi udara jika rungan yang ada terasa pengap dan sumpek.
  6. Hindari Berpikir Terlalu Keras. Otak yang stres atau depresi biasanya otak dipakai terus-menerus memikirkan sesuatu yang gak perlu dipirkirkan. jika kita lagi stress sebaiknya curhat dengan orang yang dapat dipercaya agar kita mendapat solusi atau minimal meringankan beban pikiran kita. kalo otak terlalu stress maka rumah sakit jiwapun akan siap menunggu dengan berat hati.
  7. Otak Tumpul . jika anda tidak mau punya masalah dengan lemah otak alisa Lemot, mak anda harus melatih otak kita dengan sering menggunakannya untuk berpikir yang merangsang stimulasi otak seperti dengan belajar, berpikir kritis, berdebat, bermain game Puzzle, bermain musik, dan lain-lain sebagainya. jika jarang dipakai, otak pun akan lemah dan menyusut sehingga ahirnya kita jadi orang lemot dan tulalit tidak nyambung jika diajak bicara.
  8. Lindungi dan jaga kepala dari benturan atau cedera. klao naik sepeda motor harus menggunakan helm untuk melindungai kepala dari benturan saat tabrakan atau jatuh. banyak orang yang mati atau gegar otak karena persoalan sepele tersebut. Anak-anak atau remaja itu kadang-kadang SHOW OFF jalanan. Hati-hati jaga kepala sama Otak anda agar tetap sehat.

Sumber : Buku Rerungan Bulanan Youth “may 2010” (tabloidkeluarga@yahoo.com ; tabloidkeluarga@hotmail.com)

1 Komentar

  1. Anonymous said,

    26 Mei 2010 pada 5:04 am

    mantap..!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: