Berpegangan Tangan Sehatkan Jiwa & Raga

Berpegangan Tangan merupakan salah satu simbol dari keakrabpan, kekompakan, persahabatan, kasih sayang, dan lain sebagainya yang hal tersebut dapat dilakukan baik antara suami istri, orang tua dengan anaknya, sesama teman, orang yang berpacaran, sesama perempuan dll.

 Jika kita perhatikan uraian diatas ada satu hal yang tidak dimuat dalam kalimat tersebut yaitu “Sesama Pria” (antara laki-laki).
ketika kita memperhatikan di beberapa tempat mis. di Mal, Plaza, Kampus, Market (pasar), Jalan (on the way), tempat wisata, ke gereja atau dimanapun kita berada bahwa orang yang berpegangantangan tangan itu sangatlah umum, tetapi hal tersebut secara khusus hanya dilakukan oleh para cewek/ wanita sedangkan para pria sangatlah jarang kelihatan, dari hal tersebut mungkin kita bertanya-tanya dalam hati atau bisa juga sama teman kita, mengapa hal tersebut bisa demikian dan kelihatan sangatlah lucu jika ada dua pria atau sekelompok pria yang ketika mereka berjalan ke “Plaza” berpegangan tangan dengan begitu mesra, ketika ada dua pria berpegangan tangan mungkin orang akan berpikir aneh pasti kedua orang itu “HOMO” atau “BENCONG”, tetapi ketika hal tersebut dilakukan oleh para wanita/cewek kelihatan sangatlah indah dan begitu mempesona dengan keayuan, kelemah lembutan, yang membuat keduanya sangatlah cocok untuk saling merangkul dan berpegangan tangan.
Saya sebagai seorang pria yang menulis artikel  ini sungguh sangat bingung sebenarnya hal tersebut bisa terjadi   atas dasar apa..?

ada sebuah artikela yang saya kutip dari blog lain yang bisa mendukung kekuatan tulisan diatas.
KETIKA bicara berpegangan tangan, setiap orang memiliki teknik yang mereka sukai, mulai dari mengaitkan jari-jemari, menangkupkan telapak tangan, atau saling menggosok dengan ibu jari. Beberapa orang melakukannya dengan tangan atas, sebagian di bawah dan sebagian lainnya saling mengayunkan tangan.

Tidak peduli bagaimana gaya pegangan tangan Anda, kita semua tahu perasaan baik yang muncul saat menggenggam tangan orang kita cintai. Tapi, bagaimana rasanya ketika kita berpengangan tangan saat marah, stres, atau takut? Dan sebaliknya, mengapa kita selalu meraih tangan pasangan untuk menghibur mereka ketika sedih?

Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan psikolog Dr James Coan dari University of Virginia menunjukkan bahwa jawabannya tidak terletak di antara jari-jari, tapi dalam otak kita.

Penelitian tersebut melibatkan 16 wanita dalam pernikahan bahagia yang sedang mengalami stres. Selama penelitian, aktivitas otak mereka dipantau menggunakan mesin f.M.R.I. Setelah memberi kejutan listrik pada setiap wanita, Coan mengukur aktivitas yang dihasilkan di daerah respons stres otak mereka. Dia kemudian mengulangi kejutan listrik saat para partisipan memegang tangan orang lain. Dan memberi kejutan listrik sekali lagi saat mereka memegang tangan suaminya.

Hasil menunjukkan berkurangnya aktivitas di bagian respons stres otak ketika wanita memegang tangan orang lain, dan stres jauh berkurang ketika mereka memegang tangan suami. Jadi, menggengam tangan mampu mengurangi stres.

Kalau pasangan bahagia lebih sering berpengangan tangan, dan aktivitas ini mengurangi stres, dan stres lebih sedikit mengarah pada kesehatan yang lebih baik, maka dapat diasumsikan bahwa pernikahan bahagia mengarah pada kesehatan yang lebih baik. Demikian menurut sebuah artikel yang okezone lansir dari New York Times, Rabu (28/4/2010).

Nah, lain waktu pasangan marah dengan alasan apapun, Anda cukup memegang tangannya dengan penuh cinta, dan jadikan ini rutinitas menyehatkan jiwa dan raga.

tulisan diatas juga mengingatkan saya pada sebuah kasus yang kebetulan ada kesamaan dengan hal bepegangan tangan yaitu “Nama Male/Female”


Silahkan saudara membacanya di Moryaritonang.blogspot.com 
dengan judul postingan “Beda Nama Male/Female”

1 Komentar

  1. Anonymous said,

    28 Mei 2010 pada 4:56 am

    kita akan mencoba…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: