alasan tidak kerja

pada suatu waktu hiduplah tujuh orang tukang gergaji, masing-masing dengan sejumlah kayu untuk digergajainya.
tukang gergaji yang 1
berkata ” kayu ini baru saja ditebang dan masih hijau, dan gerigi gergaji akan tersangkut didalamnya. saya akan pergi dulu dan menunggu sampai kayu ini kering ” ia segera pergi.
tukang gergaji yang 2
berkata “gergaji ini tumpul, saya tidak bisa menggergaji kayu dengnnya. saya akan memberi tahu atasan saya agar gergaji ini ditajamkan dahulu sehingga saya bisa menggunakannya. “dia pun pergi.
tukang gergaji yang 3
berkata “kayu ini penuh dengan benjolan, ia tentu akan sulit digergaji. saya akan meminta atasan saya untuk menggantinya dengan kayu yang lurus, yang kan saya kerjakan dengan senang hati.” ia pun pergi.
tukang gergaji yang 4 
berkata “ini kayu besi, yang dua kali leibh keras dari kayu jati. saya akan meminta atasan saya untuk menggantinya dengan kayu jati, setalah itulah saya kan menggergaji untuknya. “dia pun pergi”
tukang gergaji yang 5
berkata “hari sangat panas, saya akan menanti sampai udara mulai dingin. “ia pun pergi”
tukang gergaji yang 6
 berkata “saya sedang sakit kepala dan saya menunggu sampai saya sehat kembali . “ia pun pergi.
tukang gergaji yang 7 
tukang gergaji ketujuh menghadapi kayu yang hijau dan penuh benjolan, dan kayu besi. gergajinya juga tumpul dan dia pun sedang sakit kepala. hari ini panas sekali buatnya, tapi dia menajamkan gergaji itu dan menggunakannya sehingga dia bisa memotong kayu besi yang penuh benjolan dan ternyata gergaji tidak tersangkut sama sekali. hal ini menghilangkan sakit kepalnya, dan keringat pun mendinginkan tubuhnya.
pada sore harinya atasannya memberi dia sejumlah kayu laiinya untuk digergajinya.

Tinggalkan Balasan

