sistim informasi manajemen

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

NAMA                       : MORY ARITONANG

NPM                           : 07520040

MATA KULIAH      : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Tanggal : 20-01-2010

Soal/ Jawaban :   (Tugas Rumah)

1.   Kecenderungan penting yang akan mengubah sistem administrasi publik secara menyeluruh di Indonesia ialah meluasnya aplikasi teknologi informasi dalam perusahaan, lembaga, organisasi, ataupun institusi publik. Manfaat teknologi informasi   dalam lembaga pemerintahan saat ini telah dirasakan secara nyata, dimana para pegawai dan pelaksana layanan umum semakin terbiasa dengan perangkat terotomatisasi. Akses masyarakat informasi terhadap teknologi informasi semakin besar karena semakin murahnya perangkat teknologi tersebut. Saat ini telah banyak pemerintah daerah (Pemda) yang mengembangkan sistem informasi yang berbasis komputer, pada intinya penerapan dari E-government dimana penggunaan teknologi infomasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pihak-pihak lainnya. Sejak tahun 2003, Program pemerintahan elektronik (e-goverment) dilaksanakan di Kabupaten Sragen. Program e-government Sragen sudah diadopsi pemerintah pusat untuk diterapkan di kabupaten/kota lain. Inilah wujud nyata dari reformasi
birokrasi.

Pertanyaan :

  1. Jelaskan sistem informasi pemerintahan ini (e-goverment) ini, dan bagaimana pendapat anda tentang program sistem pemerintahan yang diterapkan Kabupaten Sragen tersebut dan apakah sistem informasi seperti ini dapat diterapkan di wilayah anda dan apa kendala-kendalanya.

Jawaban :

Sistem informasi yang digunakan atau dilaksanakan di kabupaten sragen merupakan sistem informasi dengan diterapkan teknologi informasi (e-goverment) yaitu berupa internet untuk menghubungkan kantor kabupaten hingga ke-20 kecamatan dan 208 desa di sragen yaitu dengan tujuan memperlancar urusan pemerintahan juga di dalam meminimalisasikan biaya yang digunakan dalam urusan pemerintahan di kabupaten sragen. Misalnya dalam urusan terkecil yaitu dalam pembuatan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang awalnya butuh waktu yang cukup lama sekarang dapat diselesaikan dalam waktu hanya 5 menit saja. Dalam proses perpanjangan dan dalam setiap pengurusan KTP tidak akan mengalami kesalahan kesamaan data karena sudah terdata secara sistematis dan terintegrasi dan di dalam pengurusan surat-surat yang lain ataupun administrasi yang lain dapat dilakukan dengan mudah.

Selain itu sistem informasi kabupaten sragen e-goverment yang diterapkan dalam pengawasan/mempermudah mendapat informasi yang terbaru dalam setiap bidang misalnya, informasi produk-produk yang di produksi masyarakat sragen keberbagai wilayah, dalam pemerintah mempermudah pengiriman surat-surat, undangan kesetiap anggota kecantikan yang di sampaikan melalui email.Oleh karena itu e-goverment sragen merupakan sudah satu sistem informasi pemerintah yang sudah berhasil dalam menerapkan teknologi elektronik dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Menurutnya saya bahwa sistem informasi sragen merupakan sistem informasi e-goverment yang layak untuk diterapkan dalam kabupaten lain. Karena dengan sistem informasi e-goverment ini banyak kemudahan, efisiensi yang didapatkan baik dalam memperkecil biaya, efisiensi waktu dan informasi yang mudah dan cepat di ketahui masyarakat dan anggota kepemerintahan. Menurut saya sistem informasi e-government sragen ini sudah dapat diterapkan di wilayah  kami (Tarutung) kabupaten tapanuli utara. Karna fasilitas e-government ini atau fasilitas internet sudah tersedia dibeberapa tempat di wilayah Taput. Tapi sistem informasi ini belum diterapkan dalam proses kepemerintahan (yaitu suatu sistem informasi yang mempermudah menghubungkan lembaga pemerintahan) hal ini disebabkan adanya keterbatasan sumber daya manusia, sumber daya finacial untuk penerapan sistem informasi e-government ini.

  1. Jelaskan apa manfaat dari sistem sistem informasi berbasis komputer ini, secara khusus penerapan dari e-goverment.

Jawaban :

  • Pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat.

Informasi dapat disediakan ke 24 kantor, informasi dapat diperoleh tanpa harus datang ke kantor pemerintahan secara fisik

  • Peningkatkan hubungan antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah dengan pelaku bisnis, pemerintah dengan masyarakat umum. Adanya transparansi maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik.
  • Permberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah di peroleh.
  • Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien.
  • Meningkatkan pelayanan pemerintah agar lebih efesien dalam menjalankan program pemerintah.
  • Mempermudah pemakai informasi dalam memperoleh informasi lebih cepat tanpa harus mendatangi instansi yang terkait.
  1. Jelaskan apa perangkat-perangkat teknologi komputer yang diperlukan dalam sehubungan dengan program sistem informasi pemerintahan.

Jawaban :

  • Perangkat keras (hardware)

Yang terdiri dari peranti-peranti fisik mulai dari :

  • Peranti masukan (Input Device)

Segala alat yang digunakan dalam mengelola, membaca data dalam komputer.

  • Peranti keluaran (Output Device)

Misalnya : video display, printer, monitor.

  • Peranti proses (Proces Device)

Misalnya : CPU yang dibagi menjadi 3  (tiga) bagian yaitu :

  • Control unit
  • Memory
  • Arithamatic dan logika
  • Perangkat lunak (software)
  • Perangkat manusia (brainware)
  • File dan database
  • Prosedur
  • Jaringan komputer dan komunikasi data.

2.   Informasi merupakan hasil dari pengolahan data, dimana data tersebut sudah diproses dan diinterpretasikan menjadi sesuatu yang berguna untuk pengambilan keputusan. Kebutuhan informasi akan berbeda-beda antara seorang dengan lainnya, tergantung pada tingkat kepentingannya. Dalam siklus pengolahan transaksi dapat digambarkan bagaimana proses pengolahan data transaksi hingga menghasilkan berbagai laporan yang ada.

Petanyaan :

  1. Buat suatu gambaran representasi sederhana dari siklus pengolahan data kepegawaian atau pengolahan data akademik/pendidikan dan siapa pemakai laporan yang dihasilkan tersebut.
  1. Pemakai laporan yang dihasilkan tersebut adalah.

Jawaban :

Pemakai laporan tersebut adalah :

  • Pegawai Administrasi kampus
  • Mahasiswa dan Alumni
  • Kepala Tata Usaha
  • Departemen Pendidikan
  • Stake holder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: