Mory Aritonang Proposal Skripsi

MOry aritonANG

  1. 1. RENCANA JUDUL

“ANALISIS  LAPORAN ARUS KASA PADA

PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA

(PERSERO)

CABANG MEDAN”

  1. 2. BIDANG ILMU

Ekonomi Manajemen

  1. 3. LATAR BELAKANG MASALAH

Dalam pertumbuhan ekonomi yang rendah dewasa ini yang  disebabkan krisis ekonomi yang melanda Indonesia. Penanaman modal baik yang bersifat Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Sangat dibutuhkan dalam sektor ekonomi yang mengalami keterpurukan paling parah. Perusahaan dalam menjalankan misinya selalu membutuhkan dana yang cukup besar, untuk itu para pengusaha berusaha mencari jalan keluar untuk memperoleh permasukan dana melalui kas dalam rangka memperlancar operasi perusahaan secara rutin maupun untuk pengembangan perusahaan itu sendiri.

Dalam dunia usaha hal yang dibutuhkan adalah Kas. Pengukuran yang dipergunakan dalam akuntansi harus didasarkan pada arus kas masuk dan arus kas keluar yang telah terjadi pada  masa yang lalu, masa sekarang dan prediksi dimasa yang akan datang.  Seperti penghasilan kita ukur dengan kas bersih yang kita harapkan dapat diterima dari penjualan barang dan jasa. Beban juga diukur dengan jumlah kas yang dibayarkan. Kegiatan-kegiatan yang melibatkan kas dapat dipantau dari penerimaan kas  dan pengeluaran kas perusahaan kerena informasi yang terdapat dalam rekening kas hanya menyangkut transaksi yang berpengaruh terhadap kas, baik yang bersifat menambah maupun mengurangi kas.

Untuk memperoleh kerpercayaan masyarakat terutama para investo dan kereditor, perusahaan harus benar-benar dapat memberikan informasi yang dapat dipercaya. Informasi keuangan yang disajikan bukan saja informasi yang menunjukkan tingkat laba yang diperoleh tiap periode, namun para investor dan kreditor menginginkan informasi yang lebih mendasar tentang keuangan perusahaan berupa perputaran uang kas dalam perusahaan pada setiap periode tertentu.

Kas dalam perusahaan memiliki peranan penting dalam menunjang kelancaran operasi perusahaan, disamping itu uang kas memiliki sifat ekonomis dan mudah untuk dipergunakan. Dalam laporan keuangan bukan saja menyajikan neraca dan laba rugi tetapi juga menyajikan laporan arus kas. Laporan arus kas yang disajikan oleh perusahaan harus menggambarkan dari mana sumber kas dan kepada apa saja kas dipergunakan atau dialokasikan, selain itu laporan arus kas yang disajikan harus mencerminkan arus kas masuk dan arus kas keluar. Arus kas masuk dapat berupa Penjualan Tunai, Penerimaan Tunai, Penerimaan Piutang, sedangkan arus kas keluar dapat berpa Pembayaran Deviden, Pembayaran Bunga Pinjaman, Pajak Penghasilan dan Pembelian Aktiva Tetap.

Berdasarkan uraian diatas dan pentingnya pengelolaan arus kas masuk dan arus kas keluar dalam suatu perusahaan, maka penulis tertarik untuk membahasnya dalam suatu skripsi yang berjudul : “ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESI (PERSERO) CABANG MEDAN”.

  1. 4. RUMUSAN MASALAH

Masalah yang timbul karena adanya tantangan, kesangsian ataupun kebingungan kita terhadap sesuatu hal atau fenomena, adanya kemenduaan arti (ambiquity), adanya halangan dan rintangan, adanya celah (gap) baik antar kegitan atau antar fenomena, baik yang telah ada ataupun yang aka nada.

Masalah merupakan suatu keadaan atau pernyataan yang menyatakan adanya penyimpangan atau perbedaan yang terjadi dengan direncanakannya yang dapat mengganggu jalannya operasi perusahaan sehingga membutuhkan suatu pemecahan agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka berdasarkan penelitian pendahuluan yang dialakukan oleh penulis PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN, masalah adalah sebagai berikut, “adanya penurunan kas untuk periode tahun 2007 dibandingkan dengan tahun 2008”.

  1. 5. HIPOTESA

Hipotesa penelitian adalah jawaban sementara terhadap masalah-masalah penelitian, yang kebenarannya masih harus diuji secara empiris. Hipotesis sering digunakan melalui perccobaan penyelidikan atas suatu masalah karena dapat diapakai sebagai pedoman atau penuntun jenis data dan keterangan yang dikumpulkan untuk menjawab persoalan atau masalah yang sedang diteliti.

Sehubungan dengan masalah yang dihadapi perusahaan maka dikemukakan hipotesis sebagai berikut :

  1. Kenaikan piutang dagang lebih besar dari kenaikan hutang untuk tahun 2008 dibandingkan tahun 2007
  2. Terjadinya penurunan laba bersih periode untuk tahun 2008 dibandingkan tahun 2007.
  1. 6. LUAS DAN TUJUAN PENELITIAN

Sadar akan keterbatasan pengetahuan, waktu, sarana, dan fasilitas yang dimiliki penulis, maka penulis merasa perlu untuk membatasi penganalisaan ini hanya dari sudut analisa financial.

Adapun tujuan penulis mengadakan penelitian pada PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN adalah sebagai berikut :

  1. Untuk meneliti bagaimana sebenarnya laporan keuangan perusahaan dari sudut financial
  2. Untuk menambah pengetahuan penulis mengenai penyusunan laporan arus kas dan mengidentifikasi arus kas sehingga dapat dipergunakan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas.
  3. Untuk meningkatkan pengetahuan penulis mengenai penyusunan laporan arus keuangan dalam prakteknya yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
  4. Untuk memenuhi salah satu persyaratan guna memperoleh gelar sarjana ekonomi pada Universitas HKBP Nommensen Medan.
  5. 7. METODE PENELITIAN DAN PENGUMPULAN DATA

Untuk memperoleh data yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini, baik yang  bersifat teoritis maupun praktisi, digunakan metode penelitian sebagai berikut :

  1. Penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan infomasi, data-data yang diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan perhitungan biaya operasional dan juga melalui materi perkuliahan yang diperoleh. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder sebagai kerangka kerja teoritis.
  2. Penelitian lapangan (Field Research)  yaitu penelitian yang dilakukan pada perusahaan melalui wawancara dan pengamatan langsung kepada bagian yang berkaitan dengan penggunaan biaya operasional. Data yang dikumpulkan berupa data primer.

Dalam melakukan penelitian, penulis juga mengumpulkan data dengan membuat beberapa instrument yaitu :

a         Observasi adalah cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut.

b        Wawancara adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara Tanya jawab, sambil bertatap muka antara sipenanya atau pewawancara.

c         Adapun data dan informasi yang dibutuhkan , yaiut :

  1. Sejarah singkat perusahaan
  2. Struktur organisasi perusahaan
  3. Laporan laba rugi periode tahun 2007-2008
  4. Laporan neraca periode tahun 2007-2008
  5. Laporan arus kas periode 2008
  1. 8. METODE ANALISIS

Untuk menguji hipotesis yang dirumuskan maka digunakan metode :

  1. Metode Deskriptif

Penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang.

  1. Metode Deduktif

Berpikir deduktif adalah proses pendekatan yang berangkat dari kebenaran umum mengenai suatu fenomena atau menggeneralisasi kebenaran tersebut pada suatu peristiwa atau data tertentu yang berciri sama dengan fenomena bersangkutan (prediksi).

Dengan kata lain, deduktif berarti menyimpulkan hubungan yang tadinya tidak Nampak, berdasarkan generalisasi yang sudah ada. Dengan menggunakan metode deduktif, maka akan diperoleh kesimpulan yang diambil maupun masukan-masukan kepada “PT. PERUSAHAAN PERDAGANGAN INDONESIA (PERSERO) CABANG MEDAN”.

DAFTA PUSTAKA

Baridwan, Zaki, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta, 2004.

Harahap, Sofyan Syafri, Teori Akuntansi, Edisi Revisi, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2008.

Jumingan, Analisis Laporan Keuangan, Cetakan Kedua, Jakarta : PT. Bumi Aksara 2008.

Munawir, S, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty Yogjakarta, 2004.

Muslich, Mohamad, Manajemen Keuangan Modern, Cetakan Ketiga, Jakarta : PT. Bumi aksara, 2003.

Syamsuddin, Lukman, Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru, Jakata : PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Van Horner James C, dan Wachowicz, JR, Jhon M, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Edisi Keduabelas, Jakarta : Salemba Empat 2005.

Sawir, Agnes, Analisis Kinerja Keuangan Dan Perencanaan Keuangan Perusahaan, Cetakan Kelima, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: