“Penentuan harga pokok penjualan pada PT. Wira Selecta Medan”

  1. RENCANA JUDUL

“Penentuan harga pokok penjualan pada

PT. Wira Selecta Medan”

  1. Bidang Ilmu

Ekonomi Manajemen

  1. Latar Belakang Masalah

Bagi suatu perusahaan. Agar laba diperoleh sangat menentukan kelangsungan jalannya perushaan. Agar laba yang diperoleh perusahaan dapat ditingkatkan, perushaan perlu mengadakan efisiensi di banyak bidang di dalam perusahaan.

Indikasi nyata dari umumnya kenaikan laba yang diperoleh dari naiknya angka penjualan. Naiknya angka penjualan secara otomatis, akan mengakibatkan naiknya persentase laba kotor, dengan asumsi bahwa komponen pembentuk harga pada perusahaan bergerak secara proporsional.

Naiknua penjualan pada perusahaan, dapat dicapai dengan cara menaikkan harga jual per unit, atau dengan cara meningkatkan volume penjualan, dengan harga yang sama. Apapun alternative yang dipakai tadi, dapat meningkatkan penjualan yang bermuara juga pada naiknya laba yang diperoleh perusahaan.

Komponen utama perhitungan laba rugi adalah penjualan, harga pokok penjualan, laba kotor, biaya lainnya dan laba. Perhitungan ini berlaku untuk perusahaan dagang dan industry, untuk perusahaan indusri yang mempunyai harga pokok produksi, biasanya dan umumnya juga memiliki pos harga pokok penjualan, mengingat belum tentu semua produksinya segera terjual. Tingkat laba pada perusahaan sangat dipengaruhi oleh komponen harga pokok penjulan. Persentase harga pokok penjualan dari penjulan ini biasanya dapat berkisar antara 40 x hingga 90 x, tergantung kepada jenis usaha yang dijankan.

Adapun unsur-unsur di dalam harga pokok penjualan adalah :

Persediaan awal, pembelian yang dilakukan, biaya angkut, biaya asuransi dan biaya-biaya lainnya serta persediaan akhir. Dengan mengetahui peranan masing-masing item ini. Perusahaan dapat lebih mengetahui hakekat dari harga pokok penjualan pada laporan laba rugi perusahaan.

Penganalisaan data-data yang berhubungan dengan harga pokok penjualan ini tentunya perlu dilakukan agar perusahaan dapat meminimalkan persentase harga pokok penjualan terhadap penjualan. Hal-hal yang dapat dilakukan misalanya, menyimpan persediaan dalam stock yang tepat. Kelebihan maupun kekurangan stock menimbulkan biaya penyimpanan, dan bila sebaliknya mengurangi citra perusahaan.

Mengingat pentingnya peranan harga pokok penjualan pada suatu perusahaan,maka penulis merasa tertarik untuk memilih judul skripsi “Masalah Harga Pokok Penjulan Pada PT. Wira Selecta Medan” adapun tujuan penelitian pada penulisan skripsi ini adalah :

  1. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai harga pokok. Unsur-unsur di dalam harga pokok, pengaruh harga pokok penjulan terhadap laba. Baik secara teoritis maupun di dalam praktek. Agar didapatkan suatu perbandingan antara teoritis yang selama ini penulis pelajari di kampus dengan praktek di perusahaan.
  2. Untuk mengetahui bagaimana cara perushaan menganalisa transaksi keuangan melalui komponen harga pokok penjualan.
  1. Perumusan Masalah

Di dalam menjalankan kegiatannya, seringkali suatu perusahaan dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Permasalahan yang timbul ini menghalangi perusahaan mencapai tujuaanya dengan lancar.

Untuk itu, perusahaan perlu mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang timbul, solusi yang dipakai tentunya telah dianggap tepat bagi perusahaan, setidaknya pada saat solusi itu diapakai.

Adapun permasalahan yang dihadapi perusahaan ini, yang berhasil dirumuskan oleh penulis  adalah “Harga Pokok Penjualan” yang terlalu tinggi :

  1. Hipotesa

Hipotesa adalah jawaban sementara terhadap masalah penelitian, yang kebenarannya harus diuji secara empiris. Hipotesa juga menyatakan hubungan apa yang kiata cari atau yang ingin kita pelajari.

Berdasarkan permasalahan yang telah penulis kemukakan di atas, maka hipotesa yang dapat penulis rumuskan adalah : “Penilaian Persediaan pada perusahaan belum dilaksanakan dengan tepat”

  1. Metode penelitian

6.1              Metode Pengumpulan Data

Untuk menghasilkan suatu tulisan ilmiah, maka tulisan ilmiah itu harus didukung oleh data yang dapat dipercaya sekaligus dapat dipertanggung jawabkan. Berhasil atau tidaknya suatu penulisan ilmiah sangat tergantung pada data yang tersedia.

Berdasarkan hal tersebut di atas maka penulis sebelum menyusun skripsi ini berusaha mengumpulkan data sebanyak mungkin yang dapat dipergunakan sebagai bahan penganalisaan pembahasan dan pengambilan keputusan.

Untuk memperoleh data dan keterangan yang diperlukan, penulis menggunakan metode sebagai berikut :

  1. Library Research

Pengumpulan data dilakukan berdasarkan kepustakaan. Pengumpulan data pustaka dari buku-buku literature, catatan-catatan kuliah yang pernah penulis peroleh dari dosen-dosen dan tulisan-tulisan lainnya yang ada hubungannya dengan objek penelitian yang dipilih.

  1. Field Research

Suatu cara pengumpulan data yang dilakukan dengan jalan langsung ke tempat objek penelitian, dalam hal ini PT. Wira Selecta Medan yaitu dengan manadakan pengamatan serta mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang ada hubungannya dengan pokok pembahasan.

  1. Metode Analisis

Metode analisa yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode deskriptif dan metode deduktif secara berurutan.

  1. Dengan metode deskriptif, data-data yang diperoleh oleh penulis, disusun, diklasifikasi, dianalisis, diinterpretasikan serta dievaluasi sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai penerapan harga pokok penjualan pada PT. Wira Selecta Medan. Data-data yang ada, yang telah diproses itu akan memudahkan penulis untuk menganalisa dan mengevaluasi untuk kemudian diambil kesimpulan. Dari kesimpulan itu tentunya diharapkan dapat diberikan beberapa saran yang memungkinkan dan berguna bagi perusahaan.
  2. Dengan metode deduktif, yaitu penarikan kesimpulan dari prinsip-prinsip umum berupa teori-teori yang telah diterima sebagai suatu kebenaran (data sekunder) dengan kenyataan (data primer) sehingga memberikan perbandingan antara teori dengan praktek sehari-hari di dalam kegiatan operasional perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: